RSS

Menghitung Kapasitas AC Ruang

22 Apr

Sebelum kita memilih dan membeli AC Ruang maka terlebih dahulu kita melakukan perhitungan kapasitas AC Ruang sehingga nanti ketika kita membeli AC tidak kecewa karena terlalu dingin atau malah kurang dingin. Kapasitas AC sendiri di definisikan dengan satuan BTU. BTU adalah singkatan dari British thermal unit merupakan satuan energi yang digunakan di Amerika Serikat. Satuan ini juga masih sering dijumpai di Britania Raya pada sistem pemanas dan pendingin lama. Sekarang ini satuan ini mulai digantikan dengan satuan energi dari unit SI, yaitu Joule (J). Satu Btu sendiri didefinisikan sebagai jumlah panas yang dibutuhkan untuk meningkatkan suhu 1 pound (sekitar 454 gram) air sebanyak 1 derajat Fahrenheit. 143 Btu dibutuhkan untuk mencairkan 1 pound es (id.wikipedia). Tapi kita tidak akan membahas terlalu detail tentang BTU tersebut.
Walaupun secara teori sangat rumit untuk di mengerti dan bahkan untuk di hafalkan akan tetapi di sini kita akan mencoba untuk memaparkan perhitungan dan perkiraan AC Ruang untuk sebuah ruangan. Sebagai patokan bahwa jika setiap meter persegi suatu ruangan membutuhkan sekitar 500 BTU dan jika di huni oleh orang maka setiap orang kita asumsikan membutuhkan 500 BTU juga. Dengan catatan jika sebuah ruangan dengan tinggi standart 3 meter dan jika melebihi 3 meter maka setiap kenaikan 1 meter maka hasil akhir kita tambah 1000 BTU. Untuk lebih jelasnya kita bisa paparkan melalui contoh kasus di bawah ini.
Misalnya kita akan menghitung ruangan dengan ukuran 3 meter kali 4 meter dengan tinggi ruangan sekitar 3 meter dan di huni oleh 1 orang maka,
Kapasitas AC Ruang = 3 meter X 4 meter X 500 BTU/meter persegi = 6.000 BTU
Karena di huni oleh 1 orang maka Kapasitas total AC Ruang di tambahkan 500 BTU sehingga menjadi 6.500 BTU.
Setelah kita memperoleh suatu kapasitasnya maka langkah selanjutnya kita cari spesifikasi AC Ruang yang mendekati 6.500 BTU yaitu AC dengan daya ¾ PK atau 0,75 PK yang memounyai kapasitas 7.000 BTU. Andai kata kita tidak suka dengan ruangan yang terlalu dingin maka kita bisa memberikan opsi dan menjatuhkan pilihan ke penggunaan AC dengan kapasitas ½ PK atau 0,5 PK yang mempunyai kapasitas 5.000 BTU.
Semua perhitungan di atas hanya perkiraan yang bisa kita jadikan patokkan untuk menghitung kapasitas AC Ruang sehingga efisiensi anggaran bisa di lakukan sebab kita bisa memastikan dan menempatkan AC Ruang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu perhitungan di atas tidak di tujukan kepada salah satu merk AC Ruang, akan tetapi kita menghitung rata-rata yang bisa kita petakan Kapasitas dan daya AC Ruang yang ada di pasaran.

About these ads
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 22, 2011 in public

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: